Rabu, 09 Mei 2012

Jaringan Peer To Peer


Bila ditinjau dari peran server dikedua type jaringan peer to peer, maka server jaringan type peer to peer diistilahkan non – dedicated server, karena server tidak berperan sebagai server murni melainkan sekaligus dapat berperan sebagai workstation.


Keunggulan :
·         Antar computer dalam jaringan dapat saling berbagi – pakai fasilitas yang dimilikinya seperti : harddisk, drive, fax / modem, printer.
·         Biaya operasional relatife lebih murah dibandingkan dengan type jaringan client – server, salah satunya karena tidak memerlukan adanya server yang memiliki kemampuan khusus untuk mengoperasikan dan menyediakan fasilitas jaringan.
·         Kelangsungan kerja dan jaringan tidak tergantung pada satu server. Sehingga bila salah satu computer / peer mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.
            Kelemahan :
·         Troubleshooting jaringan relatif lebih sulit, karena pada jaringan type peer to peer setiap computer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada. Di jaringan client – server, komunikasi adalah antara server dengan workstation.
·         Untuk kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan client – server, karena setiap computer / peer disamping harus mengelola pemakaian fasilitas juga harus mengelola keamanan masing – masing fasilitas yang dimiliki.
·         Karena data jaringan tersebar di masing – masing computer dalam jaringan, maka backup harus dilakukan oleh masing – masing computer tersebut.

By : Muhammad Faruq

1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai peer to peer, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1149/1/50407268.pdf
    trimakasih

    BalasHapus